Komikus AS Jiplak Bleach

Rabu, 26 Mei 2010

Beberapa bulan yang lalu, fans Bleach di berbagai penjuru dunia meradang. Mereka nggak terima karya mangaka favorit mereka, Kubo Tite, diplagiat komikus asal Amerika Serikat, Nick Simmons. Berawal dari aksi protes segelintir fans di sebuah komunitas, gerakan menentang publikasi komik Incarnate milik Nick pun meluas.


Bukti-bukti plagiarisme yang dilakukan Nick dikumpulkan para fans. Bahkan saking niatnya, mereka melakukan overlay artwork Kubo dan Nick untuk menunjukkan akurasi. Gambar-gambar tersebut diunggah di berbagai fansite Bleach, komunitas, forum, dan blog pribadi.



Surat protes pun dilayangkan fans kepada penerbit Incarnate, Radical Publishing, lengkap dengan bukti-buktinya. Radical segera merespons keberatan yang diajukan fans. Penerbit yang berbasis di Los Angeles itu menghentikan penerbitan Incarnate dan berjanji mengusut masalah tersebut.


Kalau Nick sekedar terinspirasi sih, fans nggak akan murka. Masalahnya, putra bassis KISS Gene Simmons itu nggak tanggung-tanggung dalam meniru Bleach. Mulai dari panel, design karakter, dialog, hingga style pertarungan pun dicopy.



Fans pun menemukan bukti bahwa Bleach bukan satu-satunya manga yang menjadi basis Incarnate. Infestigasi lebih jauh menunjukkan bahwa Nick juga 'mengadopsi' design karakter Crocodile (One Piece), design karakter Allucart (Hellsing), gambar adegan pertarungan dari Deadman Wonderland, dan design karakter Lupin the 3rd. Beberapa kemiripan karakter dan adegan dari Neon Genesis EvanGelion, Naruto, Fullmetal Alchemist juga ditemukan fans. Bahkan, salah satu karakter dalam Incarnate sama dengan Fanart karya Chaos Void di Devianart.



Nick, lewat publisisnya, memberikan tanggapan. Tapi, pernyataan itu nggak mencerminkan rasa bersalah Nick. Secara implisit, dia membantah telah melakukan plagiarisme. Dia nggak mengingkari bahwa Bleach merupakan karya favoritnya.



Sementara itu, Kubo yang dihubungi fans via Twitter tampak lebih santai menanggapi isu serius itu. Dalam akun Twitter-nya, Kubo mengatakan, "Fakta bahwa anak Gene Simmons adalah mangaka lebih membuatku kepikiran jika dibandingkan dengan apakah dia benar-benar mengopi karyaku atau nggak."

0 komentar: